4/16/2013

Puluhan Ribu Botnet Serang situs Wordpress





Botnet berasal dari dua kata yaitu robot (bot) dan network (net). Botnet bisa dikatakan sebagai kumpulan dari applikasi bot (robot) yang di setting untuk berjalan automatis dalam suatu jaringan, masing-masing komputer yang tergabung dalam jaringan botnet menjalankan perintah atau instruksi yang diberikan oleh penggerak botnet (bot herder atau bot master) yang dilakukan secara remote. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, jika komputer anda terinfeksi botnet, maka saat komputer anda terhubung ke jaringan, komputer anda akan menjalankan instruksi yang diberikan oleh bot master.


Seperti yang dilansirkan BBC Indonesia penyedia server Cloudflare dan Hostgator menyampaikan bahwa sejak pekan lalu Wordpress diserang oleh ''puluhan ribu'' botnet dari komputer individu.


Botnet disini menargetkan para pengguna Wordpress yang memakai nama atau username ''admin'' untuk mencoba mencuri ribuan kata sandi atau password dari para pengguna Wordpress tersebut. Serangan ini berawal sepekan setelah Wordpress meningkatkan keamanan dengan tambahan opsi dua langkah saringan saat pengguna masuk ke sistem.

Pada saat ini Wordpress memiliki 64 juta blog dan sudah dibaca oleh 371 juta orang setiap bulannya. Menurut jajak pendapat situs W3Techs, sekitar 17% situs dunia dijalankan oleh Wordpress.

'Perubahan Password'

Pendiri Wordpress Matt Mullenweg menulis di blog resminya bahwa "Ini yang saya bisa rekomendasikan: Jika anda masih menggunakan nama 'admin' di blog anda, ubah, gunakan kata sandi yang kuat.''
Matt Mullenweg juga menyarankan agar melakukan dua langkah saringan untuk masuk, termasuk menggunakan ''angka rahasia'' pada username dan password, dan meyakinkan bahwa versi terbaru Wordpress telah terpasang.

"Kebanyakan saran lainnya tidak bagus - mengingat botnet memiliki lebih dari 90.000 alamat IP, jadi pembatasan IP tidak bagus karena mereka bisa mencoba dari berbagai alamat IP lainya dalam hitungan detik selama 24 jam,” tambahnya.

Kepala Eksekutif dan pendiri Cloudflare, Matthew Prince, mengatakan tujuan dari serangan ini kemungkinan besar untuk lebih memperkuat botnet.


"Salah satu kekhawatiran dari serangan semacam ini adalah peretas menggunakan botnet yang relatif lemah dari komputer rumah untuk membangun botnet yang lebih besar guna menyiapkan serangan berikutnya,'' tegasnya.

Dia juga menambahkan bahwa, "Mesin yang lebih besar ini bisa menyebabkan kerusakan lebih besar dalam DDos karena server memiliki koneksi jaringan besar dan mampu menghasilkan lalu lintas yang besar.''


Anda sedang membaca artikel tentang Puluhan Ribu Botnet Serang situs Wordpress dan anda bisa menemukan artikel Puluhan Ribu Botnet Serang situs Wordpress ini dengan url https://khaizhar.blogspot.com/2013/04/puluhan-ribu-botnet-serang-situs.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Puluhan Ribu Botnet Serang situs Wordpress ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Puluhan Ribu Botnet Serang situs Wordpress sumbernya.

No comments:

Post a Comment