3/14/2013

DHCP Relay TP-Link TD-W8151N dengan Mikrotik



Disini saya hanya ingin berbagi mengenai Modem + Wireless agar IP yang diperoleh melalui Wireless dapat di manage dengan router Mikrotik. Modem yang saya gunakan adalah TP-Link TD-W8151N (1 Port) dan Mikrotik RB450. Hal yang saya lakukan adalah memanfaatkan feature DHCP Relay di Modem sebagai alur data untuk Wireless agar bisa di manage.

Berikut Topologinya :
Topologi Jaringan



Modem = Bridge Mode : 10.10.10.1
Ether1 = Speedy : 10.10.30.1/24 ==> untuk klien Wifi
Ether2 = LokaL : 10.10.10.2/24 ==> untuk klien UTP

Berikut Langkah-Langkah yang saya Lakukan :
1.     Saya Mengeset modem dengan Mode Bridge karena saya akan melakukan dial-up di Router dengan metode PPPoE-Client.
      Masuk ke Modem -- Setup Internet -- ISP pilih Bridge Mode -- Save

TP-Link TD W8151N


2.     Selanjutnya masuk tab Setup LAN -- Pilih DHCP Relay -- Isikan IP Relay Agent yang
      sudah ditentukan di Mikrotik -- Save


3.     Setelah itu kita lanjutkan ke Tab Setup WireLess -- Access Point : activated  -- Save; seperti
      gambar di bawah ini. Apabila ingin memberikan Key untuk wireless, pilih pada bagian
      Authentication Type kemudian isi password yang anda inginkan.


4.     SeteLah Setup modem selesai, kita Lanjutkan dengan konfigurasi di Mikrotik dengan asumsi
   sudah melakukan dial-up di Mikrotik (PPPoe-client) melalui.

Pertama, Set IP Address:

Set Ip address : IP -- address -- add -- isikan IP -- pilih Interface (Lokal)

Mikrotik RB450


Kemudian tambahkan lagi IP Address dengan Interface Speedy untuk dipergunakan sebagai IP Relay Agent di Modem.
IP > Address > add > Isikan IP > pilih Interface (Speedy)

Mikrotik DHCP Server

Kedua, set DNS :
IP > DNS > Isi Primary DNS & Secondary DNS > Checklist Allow Remote Request > OK


Ketiga, set Nat :
IP > Firewall > Nat > add > chain : srcnat > Action : masquerade


Keempat, Set DHCP Server :
IP > DHCP server > DHCP setup

Gb1. DHCP Setup > KLik
Gb2. Pilih Interface > Next
Gb3. IP yang digunakan untuk koneksi Wifi > Next
Gb4. Gateway = IP Relay Agent > Next
Gb5. DHCP Relay dikosongkan > Next
Gb6. IP Range yang digunakan untuk klien terkoneksi Wifi > Next
Gb7. DNS akan terisi otomatis sesuai dengan DNS yang sudah kita tentukan > Next
Gb7. Lease Time otomatis terisi > Next > Finish

Setelah selesai setup DHCP makan hasilnya seperti ini :

Gb8. Hasil DHCP setup

 
Untuk mengecek klien yang terkoneksi, pilih Tab Leases seperti dibawah ini!

Gb9. Klien yang terkoneksi Wifi Modem

Dengan demikian kita dapat me-manage bandwidth klien yang terkoneksi melalui Wifi berdasarkan IP yang sudah kita tentukan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

Anda sedang membaca artikel tentang DHCP Relay TP-Link TD-W8151N dengan Mikrotik dan anda bisa menemukan artikel DHCP Relay TP-Link TD-W8151N dengan Mikrotik ini dengan url https://khaizhar.blogspot.com/2013/03/dhcp-relay-tp-link-td-w8151n-dengan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel DHCP Relay TP-Link TD-W8151N dengan Mikrotik ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link DHCP Relay TP-Link TD-W8151N dengan Mikrotik sumbernya.

20 comments:

  1. Nah ini dia nih akhirnya nemu settingannya...
    biar gk banyak2 modem,manfaatin modem adsl + wifi dari speedy,tetapi user wifi masih bisa di management di mikrotik meskipun topologinya berada sebelum mikrotik...bukan begitu gan??
    Nice blog gan..makasih banget infonya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. bro...saya ud coba,tp kq mikrotiknya gk mau connect internet yach?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah mikrotik sudah di set pppoe-cLient? Agar dial-up nya melalui mikrotik bukan modem, modem sebagai bridge..

      Delete
  3. sip mantap maknyuss gan....klo topologi nya:

    mdm+wifi(speedy) -----jarak 10m ------ wifi (mode client) ----- mikrotik(pppoe client+dhcp)

    msh bisa tembus ngak yah pppoe & dhcp server dr mikrotik ke mdm+wifi speedy lwt wifi(mode client)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siippp..

      Mengenai Topologi yang Anda contohkan, saya beLum pernah mencobanya..

      KLo secara Logika, menurut saya tidak tembus, karena mdm+wifi (speedy) dibuat Mode Bridge ---> wifi (mode cLient) ---> Mikrotik??? yang jadi masalah nanti WIFI (mode cLient) dapat IP dari mana? karena modem dibuat DHCP ReLay dan Mikrotik sebagai DHCP Server nya..CMIIW..

      KaLo nanti berhasiL tembus..bagi-bagi iLmunya ya..trims atas kunjungannya..

      Delete
  4. mohon pencerahannya, ane mau gabung modem td-8817 dengan modem td-w8151n dengan 1 adsl, ane belum tau caranya.
    jadi modem td-w8151n mau ditaruh di lantai 2 tp adsl sama internetnya tidak nyala terus, untuk settingannya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya baru bisa baLes...saya kurang jeLas maksud Mas Andri..2 Modem digabung menjadi 1, apakah menggunakan router Lain ato tidak? mis: Mikrotik..

      Mungkin bisa dilakukan dengan 1 Modem sebagai diaL-up dan Modem yang ke2 Mode Bridge..

      Maaf ya...trims atas kunjungannya..

      Delete
  5. Itu apakah harus pake router mikrotik..?
    klo cuma pake modem tp link w8151n aja, bisa di bikin mikrotik ga ?
    apa harus pake alat bantu lainnya ?
    soalnya saya baru pasang speedy, trus saya mau buat mikrotik, biar tmn2 lainnya bisa hotspot namun berbayar. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya membalasnya Lama..
      Menurut saya tetap bisa kaLo Mas Bogata menggunakan Mikrotik melalui PC..karena Item2 di Router Mirkotik tidak berbeda dengan Mikrotik yang nanti Mas Bogata InstaL melalui PC..di Mikrotik kita hanya mengatur DHCP Servernya saja..terima kasih

      Delete
  6. mas mo tulung tanya,
    dirumah ada 2 modem router tplink td-w8151n dan switch tp link tl-sf1008m nah sy pasang modem A dilantai dua, modem yg terhubung dgn line telp/speedy modem A, sekarang dilantai dua bisa internetan secara wireless via modem A, untuk lantai bawah via switch, yang ambil dr port lan modem A msk ke port di switch, namun sy ingin di lantai bawah bisa jg wireless dgn memanfaatkan modem B sebagai AP, kira-kira gimana tuh caranya om…???
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas Abin Smith Lama baLesnya..makLum abis Liburan..hehe

      Internet ==> Modem A (with wireLess) ==> Switch ==> Modem B (with wireLess)

      Kira2 gitu ya skremanya..

      di Modem B di Set sebagai Bridge di Interface WireLess DHCP server di disabLe supaya dpt IP dr Modem A..

      siLahkan dicoba..CMIIW

      Delete
    2. salam,modem A dan B sdh bisa saling connect,namun utk inet-an via modem B masih blum bisa. Pada saat pc/nb connect modem B sy msk ke set modem A dan coba ping ke yahoo via set modem A ok, namun bila ping ke yahoo via modem B gagal.

      Delete
  7. mas setting Modem = Bridge Mode : 10.10.10.1 untuk di mikrotiknya gmana??
    soalnya settingan lokal masuk 10.10.10.2 /24
    untuk gateway mikrotik klo dirubah jg berubah jadi 10.10.10.2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Rizky Samiaji telah berkunjung ke bLog saya.

      Untuk di Mikrotiknya, Mas Rizky cuma isi IP add dan IP DNS saja..

      Coba diikuti/diperhatikan satu per satu langkah yang saya berikan.

      Delete
  8. mohon bantuannya, modem saya Huawei HG532e,, kesulitan setting tersebut. dial up di mikrotik, tadinya kan pake modem tanpa wifi, cuman diganti sama speedynya karena ganti paket, jadi sekarang modemnya udah plus wifi tipenya Huawei HG532e. sementara wifnya saya matikan, soalnya nyetingkan ke mikrotiknya susah. saya pengen hidupin wifinya agar bisa digunakan LAN dan wifi secara bersamaan pada satu modem dengan dial up di mikrotik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih teLah berkunjung ke bLog saya..

      Sebelumnya saya mohon maaf, karena saya belum pernah menggunakan modem Huawei, akan tetapi, apabila modem tersebut memiLiki FasiLitas DHCP Relay, kemungkinan bisa saja untuk menghidupkan 2 interface secara bersamaan.

      Delete
  9. informasinya menarik mas,
    mau nanya nih,
    kalau saya punya 2 modem TP-Link TD-W8151N,
    modem A TP-Link TD-W8151N: bw 1MB
    modem B TP-Link TD-W8151N: bw 2MB
    mau manage 2 modem dengan satu mikrotik bisa apa gag ya?
    trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan Kang..

      Menurut saya sih bisa aja, di Mikrotik ada juga metode Load BaLancing, Tutornya juga udah banyak kang..coba aja baca-baca di Forum Mikrotik Indonesia..banyak yang saling berbagi disana.

      trims

      Delete
  10. Gan nanya dong,
    Saya sudah bikin settingan di atas, tetapi kenapa klien wifi tidak bisa ping ke jaringan local dengan IP 10.10.10.*, jika memang tidak bisa apakah ada solusi yang lain?

    ReplyDelete