12/30/2013

SSD : Solid State Drive


Wujud Ketangguhan Media Penyimpanan Data

Teknologi komputerisasi saat ini sudah semakin berkembang seiring dengan waktu, begitu juga dengan media penyimpanan data. Anda mungkin sering mendengar kata SSD atau Solid State Drive, SSD merupakan media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis sebagaimana terdapat pada harddisk (HDD). Akan tetapi dalam melakukan penyimpanan file data sangat berbeda dengan RAM yang menggunakan volatile memory, pada SSD data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada atau mati lampu secara tiba-tiba.

Perangkat yang satu ini dapat dikatakan mampu untuk meningkatkan performa kerja komputer ataupun laptop Anda. Kenapa dikatakan begitu? Berikut kelebihan dari SSD yang perlu Anda ketahui sebelum memilikinya:

1. Proses pembacaan file lebih cepat
Hal ini dikarenakan SSD tidak memiliki mekanik yang harus bergerak terlebih dahulu pada saat menulis atau membaca data. Apa dampaknya? Dampaknya yaitu pada akses data yang lebih tinggi, keterlambatan/penundaan membaca data (latency)lebih rendah dan waktu pencarian data (seek time) yang jauh lebih cepat.

2. Tidak perlu melakukan defragmentasi
Karena SSD tidak memakai head untuk menulis dan membaca data seperti yang dilakukan HDD. SSD melakukan proses pembacaan dan penulisan secara elektris sehingga jauh lebih cepat.

3. Kemudahan dalam hal transisi
Anda tidak perlu bingung apakah harus menambahkan komponen dalam penggunaan SSD untuk menggantikan HDD Anda, karena SSD sudah menggunakan port yang sama dengan HDD yaitu SATA I, II dan III. Bahkan sekarang rata-rata SSD sudah menggunakan SATA III, sehingga performa SSD tidak diragukan lagi.

4. Tidak memiliki bising/dengung
Kenapa? Seperti yang disebutkan di No.1 tadi di atas, hal ini dikarenakan tidak ada komponen yang bergerak.

5. Lebih hemat Listrik
Hal ini juga dikarenakan SSD tidak memiliki motor dan komponen mekanis lainnya yang membutuhkan listrik lebih besar. 

6. Lebih kebal terhadap guncangan, getaran maupun temperatur tinggi
Alasannya, bila dibanding dengan HDD pada umumnya, SSD yang tidak memiliki mekanik didalamnya membuat media penyimpanan ini lebih tahan banting. Saat terbanting HDD akan rusak dan sudah tentunya data Anda tidak bisa diakses. Selain itu, SSD tidak akan Anda temukan suara “ctek..ctek..ctek” yang biasanya ditemukan pada sebuah HDD serta panas berlebih yang disebabkan adanya gesekan dalam mekaniknya.

7. SSD Lebih ringan
Walaupun kapasitasnya saat ini sudah mencapai 512GB, SSD memiliki bobot yang lebih ringan dengan ukuran fisik yang lebih ramping dibanding HDD dengan kapasitas yang sama, sehingga lebih portable.

8. Dapat menyimpan data meskipun catu daya/ listrik tidak ada
Satu keistimewaan lagi dari SSD, meskipun pada saat penggunaan tiba-tiba terjadi listrik padam, perangkat ini tidak akan menghilangkan data yang sedang Anda kerjakan terakhir kali, karena secara otomatis data tersebut sudah tersimpan aman. 

SSD Corsair

Dari poin-poin di atas Anda dapat melihat bahwa media penyimpanan canggih saat ini yang disebut SSD jauh lebih aman dibandingkan dengan HDD biasanya. Selanjutnya, bagaimana kita memilih SSD yang tepat untuk laptop atau komputer kita? 

Langkah Pertama, perhatikan kecepatan membaca dan menulis sebuah SSD yang akan Anda beli. Memang untuk langkah ini tidak semua perusahaan SSD memberikan informasi mengenai kecepatan read and write produk mereka, tetapi untuk saat ini Anda dapat melihatnya terlebih dahulu melalui media internet mengenai produk SSD yang akan Anda beli atau bisa juga dengan menggunakan software AS SSD Benchmark atau Crystal Disk Mark untuk mengetahui kecepatan read and write SSD yang akan Anda beli.

Langkah Kedua, pastikan Anda memilih SSD dengan kapasitas yang besar. Karena dengan memilih SSD berkapasitas besar, maka aplikasi yang Anda instal dalam SSD akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan SSD berkapasitas kecil.

Langkah Ketiga, pilihlah SSD yang memiliki Garbage Collection (GC) alias tempat pengumpulan sampah data. Jika SSD yang memiliki GC, performa SSD tersebut tidak akan menurun karena setiap data yang dihapus akan benar-benar hilang sehingga tidak mempengaruhi kinerja SSD tersebut.

Dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat memilih SSD yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini harga SSD sudah semakin menurun seiring dengan semakin banyaknya produsen pesaing untuk produk SSD walaupun masih tergolong mahal. Akan tetapi, Anda harus melihatnya dari sudut yang berbeda. Dengan memperhatikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki SSD, SSD jauh lebih aman dibandingkan dengan HDD biasanya. Dapat dibayangkan, bila pada saat Anda sedang berpergian dengan laptop sebagai alat kerja Anda dan sedang asyik mengerjakan pekerjaan yang sangat penting di dalam mobil kesayangan Anda, tiba-tiba supir Anda tidak sengaja menginjak lubang hingga akhirnya laptop Anda terjatuh yang mengakibatkan laptop Anda tidak bisa booting karena terjadi kerusakan pada harddisk laptop Anda. Tidak halnya pada SSD, SSD akan menjaga data-data Anda yang bernilai jutaan rupiah dengan aman bila terjadi kejadian seperti itu. Apakah Anda masih meragukan perangkat yang satu ini? Perangkat yang satu ini lebih tahan terhadap guncangan, getaran serta panas sekali pun. Sekarang saatnya Anda mempertimbangkan, mana yang lebih mahal bila ada kejadian seperti itu, apakah data-data Anda atau perangkat canggih ini yaitu SSD?
[] berbagai sumber

No comments:

Post a Comment