3/19/2013

Review Acer Iconia W510

Desain Menarik, Umur Baterai Panjang

W510 memiliki portabilitas tinggi dan memadai untuk menjalankan aplikasi ringan. Inilah satu pilihan perangkat convertible dari Acer, Iconia W510. Kesan pertama ketika kami mencopot W510 dari keyboard-nya adalah sebuah komputer tablet dengan desain yang menarik dan ramping. Perangkat ini cukup ringan ditenteng, dengan bobot sekitar 0,6 kg, dengan ketebalan hanya 0,9 cm.

Kerampingan bodinya membawa konsekuensi akan port yang tidak berukuran penuh. Disediakan sebuah port micro-USB dan satu micro-HDMI di sisi kanan, dan juga slot micro-SD di bawahnya. Tombol power diposisikan di sebelah kanan atas. Di sebelah kirinya ada tombol toggle rotasi layar yang mempermudah aktivasi fungsi autorotate.


Layar W510 yang berukuran 10,1 inci dengan resolusi 1366x768 pixel ini ber-feature IPS (in-plane switching). Feature ini meningkatkan kedalaman dan akurasi warna serta memperlebar viewing angle. Layar sentuhnya cukup responsif dan berlapis Gorilla Glass.

Dari hasil pengujian, keunggulan yang paling menonjol adalah umur baterai. Saat uji Batt ery Eater untuk pembacaan teks dilakukan, umur baterai mencapai 11 jam 18 menit. Keunggulan ini dapat menjadi pertimbangan bila Anda membutuhkan peranti convertible dengan umur baterai yang panjang. Bila dikombinasikan dengan baterai yang ada di docking keyboard, umur baterai akan lebih panjang lagi.

Salah satu penyebab umur panjang baterai adalah pemakaian prosesor Intel Atom Z2760 1,5GHz yang dirancang untuk menghemat daya listrik. Tentu, Anda tak bisa berharap bahwa prosesor ini akan bisa menjalankan aplikasi grafis berat/berperforma tinggi. Kemampuan ini terlihat dari skor pengujian Cinebench rata-rata yang hanya mencapai angka 0,53. Bandingkan misalnya dengan uji yang sama untuk komputer Intel Core i7 2,8 GHz yang menghasilkan skor 5,06.

Selain menjalankan aplikasi Windows 8, W510 juga dapat menjalankan aplikasi Windows 7. W510 cukup memadai untuk menjalankan aplikasi ringan seperti menjelajahi Web, membuat dokumen Office, mengecek dan menulis e-mail, dan memainkan game ringan. Melalui port micro-HDMI Anda dapat memutar film full HD ke layar televisi. Sebagai informasi, W510 dapat memutar video full HD dengan baik.

Untuk menyunting dokumen atau menulis e-mail, pengguna dapat memakai on-screen keyboard. Ada opsi untuk menampilkan tombol-tombol onscreen keyboard separuh di sisi kiri dan lainnya di sisi kanan, sehingga semua tombol dapat diakses menggunakan ibu jari kanan dan kiri.

Meski demikian docking keyboard masih diperlukan. Bagaimanapun Windows 8 masih membutuhkan toucpad atau mouse untuk mengoperasikan aplikasiaplikasi yang berada di Desktop.

****

Umur baterai yang panjang dan bobot yang ringan menentukan nilai portabilitas suatu perangkat mobile. Iconia W510 memiliki keduanya. Meskipun tidak ditujukan untuk menjalankan aplikasi grafis berat, W510 cukup memadai untuk menjalankan aplikasi umum yang diperlukan di perjalanan. Feature Always On akan selalu memperbarui informasi di perangkat Anda walaupun perangkat berada dalam kondisi sleep.

Hasil Pengujian
Pengujian Battery Eater mencatatkan durasi lebih dari 11 jam. Tetapi karena menggunakan prosesor Intel Atom, umur baterai harus ditukar dengan kinerja yang rendah. Ini terlihat dari skor uji Cinebench yang hanya menghasilkan skor rata-rata 0,53, dan skor encoding audio dan video yang rendah.

Pengujian 
Acer Iconia W510
(Inte Atom Z2760 1,5cGHz, RAM 2 GB, SSD 32cGB, layar 10,1 inci)
Asus S400
(Intel Core i3-3217u 1,8 GHz, RAM 4 GB, SSD 24 GB, HD 500 GB, layar 14 inci)
Cinebench R11.5
0,53
1,82
Encoding video
1 jam 39 menit
33 menit 47 detik
Encoding audio
8 menit 58 detik
2 menit 16 detik
Battery Eater
11 jam 18 menit
5 jam 5 menit


Bagian atas
Terdapat port untuk headphone, tombol autorotate, dan tombol power. Penempatan tombol power di bagian atas tampak kurang sesuai. Akan lebih baik jika tombol ini diletakkan di samping kanan/kiri atas. Ini karena umumnya kita memegang komputer tablet dalam posisi landscape.



Bagian kanan 
Terdapat mikropon, tombol volume speaker, port micro-HDMI dan micro-USB, slot micro-SD, dan speaker.



Spesifikasi
Processor
Intel Atom Z2760 1,5 GHz
RAM
2 GB DDR2
Kartu grafis
Intel Graphics Media Accelerator
Penyimpanan
SSD 32 GB
Layar
10,1 inci, IPS LCD, resolusi 1366x768 pixel
Fasilitas
Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth 4.0, Micro-USB (1), Micro-HDMI (1),USB pada keyboard (1) , NFC, slot Micro-SD, speaker stereo.
Sistem operasi
Windows 8
Kamera
Webcam 2 MP. Kamera belakang: 8 MP, flash (single LED), autofocus, rekam video 1080p.
Dimensi
258x167x8,9 mm (komputer tablet):
Bobot
0,6 kg (komputer tablet):
Garansi
3 tahun
Situs Web
Harga
Rp5,999 juta; docking keyboard (opsional) Rp1,499 juta.

Plus     : Umur baterai panjang, ringan dan ramping, tampilan cerah, layar sentuh responsif, desain menarik.
Minus : Ruang penyimpanan kecil, tombol power di bagian kanan atas kurang ergonomis.

Skor Penilaian
- Kinerja             : 2,5
- Fasilitas           : 3
- Penggunaan    : 3,5
- Harga               : 4
- Skor total         : 3,25

Sumber : infokomputer.com

Anda sedang membaca artikel tentang Review Acer Iconia W510 dan anda bisa menemukan artikel Review Acer Iconia W510 ini dengan url https://khaizhar.blogspot.com/2013/03/review-acer-iconia-w510.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Review Acer Iconia W510 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Review Acer Iconia W510 sumbernya.

No comments:

Post a Comment